Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Jumat, 09 Maret 2012

KESENIAN DAN BUDAYA DI INDONESIA HAMPIR HILANG? KENAPA?

Kesenian dan Budaya di negeri kita begitu banyak mencapai ratusan bahkan ribuan kesenian atau budaya yang ada di Indonesia ini, tapi kenapa semua itu sudah tidak terlihat? dan kebanyakan sudah hampir hilang dan ada juga yang di ambil oleh negara lain.
kenapa bisa seperti itu?

Sebenarnya pertanyaan seperti ini sudah banyak sekali hanya saja selalu jawaban yang tidak bisa memberi kepuasan pada orang itu sendiri maka dari itu saya akan menjelaskan dan memberi sedikit opini yang mungkin bisa sebagai opini yang bisa di gunakan

Kesenian dan budaya di Indonesia adalah suatu mahakarya dari suku berbeda namun tetap satu bangsa dan negara yang luar biasa hebat dan juga sangat unik, bagi kalangan warga negara asing sama mereka melihat bahwa kesenian dan budaya di negara ini begitu luar biasa selain dari keindahan pemandangan yang menjadi daya tarik para wisatwan namun dari bidang seni dan budaya bisa menjadi daya tarik tersendiri, karena selain menjadi suatu tontonan yang menarik dan juga bisa sebagai menjadi ilmu pelajaran dan juga menambah wawasan kita sendiri.

Banyak pula kesenian dan budaya yang sudah mendunia seperti tari saman,tari piring,reog ponorogo, adat jawa dll, itu sendiri tidak lain karena kita mampu melestralikan dan menjaga kesenian dan budaya tersebut sehingga masih bisa bertahan meskipun teknologi dan pergaulan sudah semakin merajalela, itu salah satu sebab kenapa banyak sekali kesenian tradisional dan budaya di Indonesia ini hampir punah malah sudah menjadi sejarah. Terlalu banyak kesenian dan budaya luar yang masuk yang membuat kebanyakan kaum muda lebuih menyukai hal tersebut daripada kesenian negaranya sendiri, dapat di contohkan seperti sekarang sedang begitu semaraknya yaitu boy band and girl band.

Selain itu kurangnya sosialisasi baik itu dari pemerintah atau dari masyarakat itu sendiri kepada generasi muda yang membuat banyak sekali anak-anak muda tidak tahu apa-apa saja khas budaya atau kesenian di daerahnya sendiri. Oleh karena itu kita harus bisa mensosialisasikan kesenian kita dan budaya kita agar bisa di kenal oleh masyarakat dan dunia, di zaman teknologi sekarang kita bisa memanfaatkan dunia maya sebagai interaksi dan sosialisasi tersendiri.

Dan masih banyak lagi
oleh karena itu kita harus menjaga dan melestralikan
perlu kesadaran bagi diri kita sendiri agar seni dan budaya kita hilang atua sampai di ambil kembali oleh negara lain.

berikut gambar-gambar kesenian-kesinian dan budaya di Indonesia yang dikutip pada google:





keterangan :
gambar 1 : tradisi adat jawa
gambar 2 : tari saman
gambar 3 : reog ponorogo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Mas-Kas | Published by Templates Blog Gratis
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.